liat" aja blog nya
hehehee

Minggu, 28 November 2010

cara merawat bunga

Tips Merawat Bunga

* Agar tanaman tidak kering selagi Anda tidak ada di rumah untuk beberapa hari, letakkan ujung satu pipa ke bagian tanaman dan ujung yang satunya lagi ke dalam air. Secara perlahan dan teratur pipa akan mengalirkan air.


* Bisa juga dengan cara meletakkan handuk di kamar mandi yang sudah dibasahi. Lalu letakkan tanaman di atas handuk tadi. Tanaman tidak akan kering selagi Anda tidak ada.


* Sebaiknya hindari membeli bunga mawar yang sangat kuncup karena kemungkinannya mereka tidak akan mengembang. Sebaiknya, belilah bunga mawar yang tidak terlalu kuncup.


* Semprotkan bunga kering dengan hair spray agar bunga tidak cepat layu.


* Untuk "melemaskan" bunga mawar yang mengering, dekatkan bunga ke ceret yang panas dan sisir daun bunga.


* Untuk menghilangkan debu dari bunga yang terbuat dari sutera, masukkan sedikit garam ke dalam kantong kertas, letakkan kepala bunga ke dalam kantong dan kocok. Angkat bunga dari kantong. Bunga pasti sudah tidak berdebu lagi.


* Untuk menyegarkan bunga mawar yang layu, bungkus rapat dengan kertas koran dan letakkan di dalam ember berisi air sebatas bagian lehernya dan biarkan semalaman.


* Bila bunga mawar menjadi layu, potong bagian akarnya sepanjang 1cm, bungkus dengan kertas, masukkan bagian akarnya ke dalam air yang mendidih selama kurang lebih 10 detik, sesudah itu langsung rendam di dalam air dingin.


* Getah Euphorbia membuat perih. Jangan lupa mencuci tangan setiap kali sesudah memegangnya.


* Jangan letakkan bunga di tempat yang langsung terkena sinar matahari atau di atas pesawat televisi. Letakkan bunga pada ruangan yang sejuk dan jauh dari sinar matahari.


* Hindari menaruh bunga di sebelah buah-buahan karena buah-buahan memancarkan gas yang dapat membuat bunga menjadi cepat layu.


* Buang bungai-bunga yang telah mati karena memancarkan gas yang dapat berdampak pada bunga-bunga yang lain.


* Serbuk bunga Lili harus dibuang begitu berkembang karena polen bisa menghancurkan kain (taplak) dan permukaan kayu yang dipelitur.


* Bila bagian kepala bunga terlalu berat dan akar menjadi cekung, letakkan tongkat ke dalam akar untuk menyangga bunga.


* Basahi vas bunga pada malam hari dengan pemutih untuk menghilangkan bakteri. Vas bunga yang kotor memperpendek hidup bunga.


* Untuk membantu memindahkan tanaman dari pot bunga kecil ke pot yang lebih besar, masukkan tanaman yang ada di pot bunga kecil tadi ke dalam pot bunga yang lebih besar, lalu tekan ke bawah dengan keras sampai tanaman beserta bagian bawah pot lepas dan berada di dalam pot yang lebih besar.


* Bila membersihkan debu tanaman/daun dengan busa basah yang mengandung pelembut pakaian, tanaman tidak hanya menjadi lebih bersinar selama delapan minggu, tetapi juga menimbulkan bau yang harum.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar